Sejarah Animasi Tradisional
Animasi Tradisional
Animasi Tradisional adalah
teknik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Animasi tradisional
juga dikenali sebagai animasi cel atau animasi yang dihasilkan dengan tangan
iaitu setiap proses melibatkan tangan.Animasi tradisional merupakan
proses yang digunakan untuk filem-filem animasi yang paling lama iaitu pada
abad ke-20.Bingkai individu filem animasi tradisional adalah gambar-gambar
lukisan, yang mula-mula dilukis di atas kertas. Untuk mencipta ilusi
pergerakan, setiap lukisan berbeda sedikit daripada yang sebelumnya. Lukisan
yang animator dikesan atau salinan ke helaian telus yang dipanggil cels,
yang dipenuhi dengan cat dengan warna-warna yang diberikan atau nada di sebelah
yang bertentangan dengan lukisan garisan. Cels ciri-ciri yang lengkap gambar
satu demi satu ke filem filem terhadap latar belakang dicat oleh kamera.
Contoh Animasi Tradisional :
- Mengapa Disebut Dengan Animasi Tradisional?
Disebut dengan animasi tradisional karena animasi ini
memiliki teknik yang digunakan saat pertama kali film animasi itu bermunculan.
Untuk menciptakan ilusi gerakan, setiap gambar harus sedikit berbeda dari yang
sebelumnya. Caranya dengan menjiplak gambar yang dibuat animator di kertas
transparan yang disebut cels. Kemudian gambarnya diisi dengan cat dalam warna
yang berbeda dan juga warna shading yang beda. Nanti gambar karakter yang sudah
di gambar di cel, di foto satu per satu dalam filem yang latar belakangnya
sudah di cat.
- Tipe-tipe animasi tradisional :
FILM
CELL ANIMATION

Cell Animation adalah animasi 2D dan merupakan teknik animasi yang
paling dikenal sampai saat ini. Teknik pembuatannya menggunakan celluloid
transparent. Animasi ini merupakan film animasi yang didasarkan pada kemampuan
gambar tangan untuk menciptakan obyek-obyek yang hendak dianimasikan yang saat
ini masih dikembangkan dan menjadi industri bisnis yang cukup menjanjikan dalam
dunia hiburan. Film-film animasi dengan sifat 2D ini pun masih dapat disaksikan
di layar televisi, contohnya adalah anime dari Jepang seperti Shingeki no
kyojin, Naruto, bleach,Hunter X Hunter, dan lain - lain
Animation Stop Motion
Animasi Stop motion adalah
suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar
terlihat bergerak sendiri. Setiap pergerakan dari objek tersebut difoto (frame
individual), sehingga menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan
berurutan secara berkesinambungan. Tokoh/objek dari tanah liat sering digunakan
dalam stop motion untuk kemudahan mereka mereposisi. Gerakan animasi
menggunakan tanah liat disebut clay animation or clay-mation. Pada umumnya
animasi awalnya bukan video, melainkan kumpulan gambar yang berurutan sehingga
akhirnya menjadi sebuah video. Begitu pun stop motion, juga terdiri dari
kumpulan gambar yang berurutan. Namun kumpulan gambar yang didapatkan dalam
stop motion tidak lah sehalus pengerjaan animasi dengan komputer. Karena
pengambilan sebuah gambarnya memerlukan penggerakan objek secara manual. Dan
objeknya bukanlah benda hidup
Thaumatrope

Thaumatrope Paul
Roget (Perancis, 1828) penemu Thaumatrope, yaitu sebuah kepingan yang dikaitkan
dengan tali pegas diantara kedua sisinya. Kepingan itu memiliki dua gambar pada
sisi-sisinya. Satu sisi bergambar burung, satu sisi lainnya bergambar sangkar
burung. Ketika kepingan berputar maka burung seolah masuk kedalam sangkarnya.
Proses ini ditangkap oleh mata manusia dalam satu waktu, sehingga mengekspose
gambar tersebut menjadi gerak. Thaumatrope ini menunjukkan fenomena Phi, yaitu
kemampuan otak untuk terus-menerus melihat gambar, sedangkan
Zoetrope

Pierre Desvignes
(Perancis, 1860) penemu Zeotrope, adalah selembar kertas bergambar yang
dimasukan pada sebuah tabung. Lalu mata akan melihat gambar tersebut melalui
cermin bersamaan dengan adanya pegas yang membuat tabung berputar sehingga satu
serial gambar terlihat secara progresif menjadi gambar yang bergerak
berkelanjutan.
Lentera Ajaib

Lentera
ajaib adalah pendahulu dari proyektor modern.Ini terdiri dari lukisan minyak
tembus dan lampu sederhana. Bila disatukan dalam sebuah ruangan gelap, gambar
akan muncul lebih besar pada permukaan yang datar. Athanasius Kircher berbicara
tentang hal ini berasal dari Cina pada abad ke-16. Beberapa slide untuk lentera
berisi bagian-bagian yang bisa digerakkan secara mekanis untuk menyajikan
gerakan terbatas di layar.
Phenakistoscope
Para praxinoscope, ditemukan oleh ilmuwan Perancis Charles – Émile Reynaud,
merupakan versi lebih canggih dari zoetrope tersebut. Ini digunakan mekanisme
dasar yang sama strip gambar ditempatkan pada bagian dalam silinder berputar,
tapi bukannya melihat melalui celah, itu dilihat dalam serangkaian kecil,
cermin stasioner di sekitar bagian dalam silinder, sehingga animasi akan
tinggal di tempat, dan memberikan gambar lebih jelas dan kualitas yang lebih
baik. Reynaud juga mengembangkan versi yang lebih besar dari praxinoscope yang
dapat diproyeksikan ke sebuah layar, yang disebut Optique Théâtre.
Flip book

FlipBook buku adalah
sebuah buku dengan serangkaian gambar-gambar yang bervariasi secara
bertahap dari satu halaman ke halaman berikutnya, sehingga ketika halaman
yang berubah cepat, gambar-gambar muncul untuk menghidupkan dengan
mensimulasikan gerakan atau beberapa perubahan lainnya. Buku sandal sering digambarkan buku untuk
anak-anak, tetapi juga dapatdiarahkan untuk orang dewasa dan menggunakan serangkaian foto-foto bukan gambar.FlipBooktidak
selalu buku yang terpisah, tetapi dapat muncul sebagai
fitur tambahan dalam buku-bukubiasa atau majalah, sering di
sudut-sudut halaman. Software paket dan situs juga tersedia
yangmengkonversi file video digital
- Cara Kerja Animasi Tradisional
Cel animasi mengacu kembali ke cara Tradisional
animasi dalam satu set gambar tangan. Dalam proses animasi, gambar banyak
diciptakan yang sedikit berbeda tetapi progresif di alam, untuk menggambarkan
tindakan-tindakan tertentu. Telusuri gambar pada lembar yang jelas.Lembar jelas
adalah dikenal sebagai cel dan merupakan media untuk menggambar frame.Sekarang
menggambar garis besar untuk foto-foto dan pewarnaan mereka pada kembali dari
cel tersebut.Cel merupakan metode yang efektif yang membantu untuk menghemat
banyak waktu dengan menggabungkan karakter dan latar belakang. Ini juga
memungkinkan untuk menempatkan gambar-gambar sebelumnya di atas latar belakang
lain atau celssetiap saat diperlukan. Di sini, Anda tidak perlu menggambar
gambar yang identik lagi karena memiliki kemampuan menyimpan animasi sebelumnya
yang dapat dimanfaatkan bila diperlukan.
Mewarnai latar belakang mungkin tugas yang lebih sulit daripada satu
gambar, karena mencakup seluruh gambar.Latar Belakang membutuhkan shading dan
pencahayaan dan dapat dilihat untuk durasi yang lebih lama.Kemudian gunakan
kamera digital Anda untuk memotret gambar-gambar ini.Sekarang, animasi cel
dibuat ekstra menarik melalui penggunaan gambar-gambar bersama dengan musik,
efek suara dan pencocokan asosiasi waktu untuk setiap efek. Misalnya Untuk
menunjukkan ini kartun, 10-12 frame yang dimainkan dalam suksesi cepat per
detik untuk menawarkan ilustrasi gerak dalam sebuah animasi cel
- Cara kerja thaumatrope dan zoetrope dalam hal penciptaan animasi
Thaumatrope adalah sebuah alat berbentuk
kepingan yang dikaitkan dengan tali pegas diantara kedua sisinya.Kepingan itu
memiliki dua gambar pada sisinya.Satu sisi bergambar burung, satu sisi lainnya
bergambar sangkar burung.Ketika kepingan berputar maka burung seolah masuk
kedalam sangkarnya. Proses ini ditangkap oleh mata manusia dalam satu waktu,
sehingga mengekspose gambar tersebut menjadi gerak. Paul Roget (1828), adalah
penemu Thaumatrope itu sendiri. Sedangkan Zoetrope adalah mesin yang mampu
menampilkan gambar animasi bergerak dengan cara menumbukgambar-gambar tadi
dalam sebuah roda. Ketika gambar diperlihatkan pada sebuah celah, gambar
seolah-olah bergerak.Sebuah alat yang memiliki kemiripan dengan alat ciptaan
Hornerpernah. Adapun cara kerjanya ialah, ketika udara yang naik memutar alat
tersebut, dari situ tergantung kertas dan tempus pandang atau panel mika.
Gambar yang ada di panel akan bergerak jika alat berputar cukup cepat.
Sumber :
http://animasikuu.wordpress.com/topik/animasi-tradisional-2/
http://animlicious.blogspot.com/2013/06/cell-animation.html
http://animasikuu.wordpress.com/c-a-s-e/thaumatrope-dan-zoetrope/
http://animasikuu.wordpress.com/topik/animasi-tradisional-2/
http://animlicious.blogspot.com/2013/06/cell-animation.html
http://animasikuu.wordpress.com/c-a-s-e/thaumatrope-dan-zoetrope/
http://dv204dasaranimasi.blogspot.com/
http://faithanimation.blogspot.co.id/2014/06/sejarah-animasi-tradisional.html
http://faithanimation.blogspot.co.id/2014/06/sejarah-animasi-tradisional.html
Komentar
Posting Komentar